My Facebook Profile

Selamat Datang

Dengan fisika hidup menjadi lebih mudah

Kata Mutiara

ilmu tanpa agama buta,agama tanpa ilmu lumpuh

My Profile

My photo
bogor, jawa barat, Indonesia
Guru Fisika SMAN 1 Cibarusah Kab.Bekasi

Wednesday, May 19, 2010

Aplikasi GEM

Aplikasi Gelombang Elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik memiliki aplikasi yang sangat banyak dalam kehidupan sehari-hari umat manusia. Di bawah ini beberapa contoh aplikasi gelombang elektromagnetik yaitu:


Salah satu aplikasi yang paling berguna dalam bidang komunikasi adalah penggunaan gelombang radio. Gelombang radio dapat dikelompokan menurut frekuensi dan panjang gelombang yaitu:


Proses pengiriman informasi (musik,berita, video) dapat dilakukan dengan proses modulasi gelombang informasi. Awalnya informasi diubah ke alam bentuk getaran listrik, kemudian dimodulasi oleh gelombang radio sehingga terbentuk gelombang termodulasi. Jika yang diproses amplitudo gelombang maka ternentuk gelombang AM, jika yang diproses frekuensi gelombang maka terbentuk gelombang FM. Kedua proses diatas dapat ditunjukkan sebagai berikut:


Gambar 1

Gelombang AM mempunyai jangkauan lebih jauh. Hal ini disebabkan gelombang radio yang digunakan jenis medium, yang lebih mudah mengalami pemantulan oleh lapisan ionesfer bumi. Gelombang FM memiliki jangkauan yang lebih pendek, tetapi kualitas informasi yang diterima lebih jelas. Hal ini di sebabkan gelombang radio yang digunakan adalah jenis VHF (short wave) yang tidak mengalami pemantulan oleh ionosfer.


SOAL TES FORMATIF


1. Jelaskan perbedaan sistem komunikasi AM dan FM! Termasuk sistem apakah pemancar televisi?

2. Tentukan panjang gelombang radar yang dibangkitkan dengan frekuensi 12,50 Hz!

3. Saebuah bsistem radar mengirimkan pulsa gelombang pada objek pesawat terbang ternyata pulsa tersebut diterima kembali 5 ms kemudian. Tentukan jarak pesawat terbang tersebut dari pemancar radar.

4. seseorang mengukur kedalaman laut dengan dengan menggunakan pesawat radar dan mengirimkan pulsa gelombang ke dasar laut 2 ..s kemudian pantulan pulsa diterima kembali. Tentukan:

a. Kedalaman laut tersebut;

b. Lama pulsa gelombang akan diterima kembali jika kedalaman laut 720 km!

5. Misalkan anda sedang menonton televisi. Ketika sebuah pesawat terbang melintas rendah di dekat rumah anda , anda akan menyaksikan bayangan kedip-kedip dalam gambar di layar televisi anda. Apakah yang terjadi? Berikan alasan anda!

No comments:

Post a Comment